by

10 Gunung Api Paling Berbahaya di Dunia

-Lifestyle-135 views

Keindahan panorama gunung siapa yang bisa menyangkal. Namun dibalik keindahan dan kesejukan yang tersimpan dari gunung juga tedapat marabahaya yang siap menerkam tiap wisatawan yang datang. Beberapa gunung api di dunia bahkan telah menyebabkan puluhan ribu orang tewas akibat muntahan larva dan magmanya.

Inilah 10 gunung api paling ganas di dunia yang menjadi destinasi wisata versi Gelora Sriwijaya dikutip dari Huffington Post.

1. Piton de la Fournaise (Pulau Reunion, Samudera Hindia)
Dengan nama yang berarti “atap tungku api”, gunung yang sangat aktif ini tak bisa dipijak. Wisatawan bisa mengaguminya lewat tur helikopter yang disediakan. Puncak gunung ini hampir selalu memuntahkan lahar panas yang menyala-nyala ke udara.

2. Klyuchevskaya Sopka (Russia)
Gunung api ini menjadi yang tertinggi di Asia. Klyuchevskaya Sopka mulai memuntahkan isinya pada 1697 dan terus meletus hingga terakhir kali pada 2011 lalu.

3. Anak Krakatau (Indonesia)
Ini dia gunung api yang paling terkenaldi Indonesia, juga di dunia. Sulit membayangkan gunung ini adalah “anak” dari Gunung Krakatau yang pernah meletus pada 1883. Saat itu letusannya sangat dahsyat. Suaranya terdengar sampai ke Australia dan Afrika! Namun, Anda bisa menyambangi Gunung Anak Krakatau dan trekking sampai dekat puncaknya.

4. Gunung Rainier (Washington, AS)
Rainier bukanlah gunung biasa. Ini adalah kumpulan gunung, terdiri dari 16 gunung api yang masih aktif. Kalau meletus, Gunung Rainier menjadi salah satu yang paling destruktif di dunia.

5. Kilauea (Hawaii, AS)
Kilauea disebut-sebut sebagai gunung paling aktif di dunia. Konon, gunung ini menjadi tempat tinggal bagi Pele, Dewi Gunung Berapi yang dipercaya oleh masyarakat Hawaii.

6. Gunung Megmont (Selandia Baru)
Walaupun ditutupi salju, Gunung Megmont adalah salah satu gunung paling aktif di dunia. Oleh warga lokal, gunung ini disebut juga Taranaki. Dari kejauhan bentuknya mirip dengan Gunung Fuji di Jepang!

7. Gunung Api Arenal (Kosta Rika)
Dari kejauhan, bentuk Volcan Arenal hampir mirip dengan Gunung Anak Krakatau. Menyendiri di tengah perairan, namun masih aktif dan mengeluarkan lahar panas. Aktivitas gunung ini terbukti dengan banyaknya kolam air panas alam di lerengnya.

8. Gunung Fuji (Jepang)
Salju seakan menyembunyikan kekuatan Gunung Fuji. Tak seperti gunung api lain yang acapkali mengeluarkan lahar atau meletus, Gunung Fuji tak tampak aktif sejak tahun 1700-an. Gunung Fuji disucikan oleh masyarakat Jepang, terutama yang menganut agama Shinto.

9. Gunung Api Parinacota (Chile & Bolivia)
Sama seperti Megmont dan Fuji, Volcan Parinacota juga diselimuti salju. Berada di Lauca National Park dan masuk dalam wilayah dua negara, Chile dan Bolivia, wisatawan bisa mendaki gunung ini serta menikmati fauna liar seperti llama dan alpaca.

10. Gunung Bromo (Indonesia)
Satu lagi gunung api yang paling terkenal di Indonesia. Bromo adalah destinasi wajib wisatawan saat berkunjung ke Jawa Timur. Gunung api yang didominasi pasir vulkanis ini punya panorama memukau terutama sunrise, lengkap dengan Suku Tengger yang hidup di sana. Waktu paling pas untuk berkunjung tentu saja saat upacara Kesada!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed