by

10 Tips Cepat Menaikkan PageRank

-Lifestyle-96 views
Pada kesempatan kali ini Gelora Sriwijaya akan membahas tentang cara mendapatkan pagerank dengan cepat. Bagi yang sudah punya blog atau situs ber-PR bisa menggunakan cara ini untuk terus meningkatkan PageRank blog anda.

Buat yang belum tahu apa itu PageRank. Berdasarkan Wikipedia, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sebelumnya mari membahas seberapa penting PageRank mempengaruhi kualitas blog kita.Menurut saya jelas penting sebab PageRank adalah cara search engine Google untuk mengukur seberapa penting suatu situs dimata pengguna internet.

Cara kerja PageRank Google:
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.
Nah, setelah lama mencari di dunia maya akhirnya saya mendapatkan beberapa tips untuk mendapatkan PageRank yang tinggi buat blog kita. Cara-cara disini mungkin berlaku bagi suatu orang dan tidak berlaku bagi orang lain. Tidak ada yang tahu secara pasti teknik elgoritma Google, kecuali Google itu sendiri

Berikut adalah tips meningkatkan PageRank blog dengan cepat:

1. Buatlah konten bernilai informatif dan orisinil
Google sangat menghargai Blogger yang dengan susah payah membuat konten artikel yang orisinil dan bermanfaat serta informatif. Jika kita lebih sering mengcopy paste artikel dari blog lain, maka Google akan lebih memprioritaskan artikel blog lain yang lebih dulu ke index oleh search engine-nya.

2. Submit pada directory
Jangan lupa untuk mendaftarkan blog anda ke situs-situs Search engine, cukup dengan mendaftarkannya di search engine besar seperti Google,Yahoo,dan MSN.Tapi jika dirasa masih kurang bisa mendaftarkannya di FreeWeb Submission yang dengan sekali klik anda sudah bisa mendaftarkan blog ke beberapa layanan Search engine dan situs-situs directory lainnya.

3. Blogwalking
Sudah bukan rahasia lagi kalau blogwalking adalah cara yang efektif untuk menyebar link kita. Istilah blogwalking sendiri diambil karena bloger akan menaruh komentarnya dari blog satu ke blog yang lainnya dengan meninggalkan link blognya sendiri ke blog yang dikunjunginya.

4. Bergabung dengan komunitas
Komunitas atau forum adalah cara yang cukup efektif untuk menyebar link kita.Banyak komunitas yang tersedia,salah satunya yang jadi favorit saya adalah Kaskus. Tapi tentu saja untuk post comment dalam suatu forum sebaiknya dengan cara yang santun,dengan tidak langsung mengiklankan blog kita. Mulailah dengan pelan-pelan, setelah dirasa tepat waktunya mulailah tampilkan blog kita pada signature dari setiap post comment kita.

5. Cek dan Rawat menggunakan tool webmaster
Cek dan rawatlah blog anda dengan menggunakan tool-tool webmaster. Kami sarankan untuk memakai Google Webmaster Tools,sehingga bisa mengecek halaman blog yang error, broken link, maupun keabsahan html. silahkan pelajari sendiri tool-tool yang ada didalam situ karena jika halaman yang error dibiarkan begitu saja, hal ini dapat menyebabkan menurunnya SERP pada halaman search engine, bahkan index halaman anda bisa hilang dari peredaran

6. Perhatikan Link Masuk dan Link Keluar
Usahakan untuk mengelola jumlah link yang keluar lebih sedikit dibanding link yang masuk. Usahakan link masuk yang mengarah ke blog anda lebih besar daripada link yang keluar. Maksud kami ketika membuat posting jangan terlalu banyak link yang keluar tanpa anda memperoleh backlink. Biasanya link keluar Banyak terjadi kalau anda mengikuti program review dan paid to link. Karena biasanya program itu mengharuskan memasang anchor link pada blog kita, sementara link yang kita pasang belum tentu ada hubungannya dengan blog kita. Itulah sebabnya google sangat membenci program-program tersebut

7. One Way Link
Sebenarnya link yang bagus adalah link yang bersifat one way link. alias link kita dipasang diblog orang lain, tetapi kita tidak perlu memasang link orang tersebut. Anda bisa bertukar link dengan blogger lain (link exchange), kalau bisa yang se-topik dengan blog anda. Kalau susah karena menemukan blogger sombong yang tidak mau bertukar link, anda cukup buat blog sampah (dummy blog) dan menautkannnya ke blog anda, mudah bukan?


8. Pelajari SEO untuk Tingkatkan traffik
Silahkan tingkatkan trafik blog anda dengan belajar SEO. kalau sudah panen traffik biasanya blog makin populer, sehingga tidak jarang blog anda menjadi favorit pengunjung dan membookmarknya sehingga kesempatan memperoleh pundi-pundi backlink makin banyak

9. Posting dan update yang teratur dan berkelanjutan
Postinglah secara teratur dan berkelanjutan,jangan sampai 1 bulan anda semangat memposting sampai 100 posting sekaligus,tapi bulan berikutnya anda tidak posting sama sekali.Hal ini sangat tidak disukai oleh google & bisa dikira spam oleh Mr.Google.Kalau bisa update blog secara teratur, 1-2 hari sekali sudah termasuk bagus.

10. Link dalam setiap posting
Sebenarnya tidak ada istilah inlink post, tapi gpp lah ini biar mudah saja untuk menyebut link dalam postingan. Kalau kalian cermati hampir disetiap postingan kami pasti banyak menyebar link didalam posting. Biasanya kami menyelipkan postingan artikel sebelumnya, dengan harapan agar pengunjung membaca kembali postingan kami yang lama. 

Sehingga artikel tersebut tetap bisa dikunjungi dan mampu meningkatkan popularity konten tersebut karena sering dilihat. jJngan lupa untuk membuat anchor link yang mengarah ke blog anda sendiri.Tujuannya menambah jumlah url blog yang ke index google dan juga buat memasang jebakan kalau ada yang Copas artikel kita, bisa dapat backlink.

referensi: mylaboratorium.blogspot.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Sangat bermanfaat sekali tipsnya sob,,,dan memang untuk PR ini susah2 gampang untuk mendapatkannya, terutama untuk mendapatkan linkback dari blog atau web yang memiliki deskripsi dan katagori yang sama dengan blog kita.

News Feed