by

5 Cara Meningkatkan Traffik dengan Optimasi Gambar

-Lifestyle-119 views
Hal yang menjengkelkan saat kita membuka situs atau blog adalah loading yang lama.Saya pun kadang cukup jengkel dengan situs yang memiliki loading lama, terlebih jika lamannya pun dipenuhi dengan pop up. Cukup sudah kalo istilah bahasa Palembangnya itu Ngeringami (menjengkelkan).
Salah satu penyebab lambatnya loading blog adalah keberadaan gambar di situs/blog.Gambar lebih lama di load oleh browser ketimbang tulisan.Oleh sebab itu blog yang memiliki banyak gambar sedikit lebih lama loadingnya dibanding blog yang miskin gambar.Lamanya loading blog selain membuat kesal pengunjung,juga mengurangi nilai situs kita di mata mesin pencari,Om Google.
Tahukah anda jika untuk setiap detik yang diperlukan untuk meload halaman situs anda,anda kehilangan 7% nilai konversi yang harusnya anda miliki?
Banyak penggiat SEO yang mengurangi gambar bahkan meniadakan gambar di blog mereka.Namun bagi anda yang tetap ingin memasang gambar di tiap postingan anda.Saya akan memberi tahu sedikit tips bahwasanya gambar pun mampu meningkatkan traffic di blog anda.
Berikut adalah 5 cara memanfaatkan gambar untuk meningkatkan traffic situs anda:
1.  Optimasi gambar anda untuk pembaca setia anda
Alasan kenapa anda harus mengoptimasi gambar untuk pembaca setia anda jelas karena mereka adalah orang yang sangat penting.Tanpa kehadiran pembaca blog anda bukan apa-apa.
Gambar yang relevan
Cara yang terpenting untuk optimasi gambar buat pengguna blog anda ialah dengan membuat setiap gambar relevan dengan postingan.Adalah hal yang sangat aneh menurut saya kalau anda menulis tentang motivasi sedang gambar yang anda pasang adalah gambar orang kecelakaan atau orang meninggal.Hal itu tentu mengganggu pembaca anda.
Gunakan gambar ukuran besar
Cara lain yang cukup baik adalah menggunakan gambar yang besar.Lebih besar lebih baik. Bila anda penasaran bagaimana cara memaksimalkan gambar,lihat saja Huffington Post atau Dailymail,bisa juga blog-blog bule yang mengutakaman gambar besar di tiap postingan mereka.
Maksimalkan RSS Feed
Orang yang menggunakan fasilitas RSS Feed tentu akan melihat-lihat dulu feed anda.Nah inilah tipsnya,gunakan gambar yang keren dan relevan untuk membuat mereka penasaran.Ketika mereka sudah penasaran hal yang sudah pasti terjadi adalah mereka akan mengunjungi situs anda kembali dengan sebuah Click! 😀
Gunakan gambar wajah
Ketika anda memberikan gambar wajah dan sedikit eye-contact,itu akan menarik juga mengurangi pikiran-pikiran yang bisa muncul di benak pembaca anda.Sedikit gambaran untuk anda,saya berikan bedanya pola pikir pria dan wanita saat melihat gambar.men women image optimization
Sudah tahukan kenapa gambar wajah penting?

2. Optimasi gambar untuk Search Engine
Anda sudah mengetahui cara mengoptimasi gambar untuk pengunjung blog.Sekarang kita naik ke hal penting selanjutnya yaitu optimasi gambar untuk mesin pencari.
Berikut tekniknya:
1.  Kompres gambar : Meskipun anda menggunakan gambar yang besar,anda harus tetap memastikan bahwa gambar anda memiliki file yang kecil untuk mempercepat loading blog.
2. Batasi jumlah gambar per halaman : Jangan penuhi laman blog anda dengan gambar yang tidak penting
3. Gunakan keyword : Banyak cara untuk memaksimalkan gambar dengan menggunakan kata kunci.Seperti menggunakan alt tag,nama gambar,judul gambar,dan menambahkan text di sekitar gambar
4. Deskripsi yang panjang : Salah satu hal yang sering dilewatkan orang adalah memasang deskripsi yang panjang untuk gambar mereka.
Contoh.
Alt tag – Zuckerberg Menikah
Long description – Bos Facebook Mark Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan
Gunakan strategi ini! Saya telah mencobanya dan meningkatkan hampir 200% traffic di blog bule saya.
3. Optimasi Gambar buat Social Media
Foto dan gambar adalah hal yang paling sering dibagikan di planet ini setelah video di urutan kedua.Berikut adalah cara mengoptimasi gambar sehingga mampu menghasilkan peningkatan traffic ke blog anda.
1. Gunakan Foto yang keren
Banyak orang menganggap foto yang keren menurut mereka sudah kerena.Tapi kita haurs berbagi foto yang menurut orang lain juga keren.Lihat 45 most powerful images from 2011 buat sedikit inspirasi gan.
2. Gunakan format foto standar
.jpg dan .png adalah yang paling lazim ditemui.Jadi gunakan saja format itu.
3. Publish foto anda di situs jejaring sosial
Kalau anda mempunyai foto yang keren.Jangan sungkan untuk membagikan foto tersebut di Google+,Facebook,atau Twitter.Janga lupa host photo tersebut di Flickr,Photobucket,Instagram,Picasa,dan juga TwitPic.

4. Optimasi alt tag dan judul gambar
Blog ini memang menggunakan host Blogger,namun saya punya saran buat anda yang menggunakan WordPress.Aktifkan plugin WordPress yang satu ini,SEO-Friendly Image dan anda akan menemukan banyak kelebihan,diantaranya:
1. bisa menambah alt tag dan judul
2. mampu mengubah judul text dan alt tag dengan variabel:
  • %title – replaces post title
  • %name – replaces image file name (without extension)
  • %category – replaces post category
  • %tags – replaces post tags

5.Optimasi kecepatan loading
Sudah jamak diketahui, kecepatan loading adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam persaingan merebut hati Google.Ceilee,bahasanya puitis banget yak. Sudah kita ketahui pula diatas kalau gambar yang besar lebih baik dan gambar yang keren menarik hati pembaca.Lalu bagaiman cara mengakalinya?
Khusus buat pengguna WordPress, ada plugin bernama WP Smush.it yang menurut saya cukup bagus untuk mengatasi problem ini.Kemampuan plugin ini antara lain:
  1. Mampu mengompres gambar
  2. Menghapus warna yang tidak perlu yang adan di gambar
  3. Mengubah ekstensi .gif menjadi .png agar lebih mudah di-load

Tips yang saya tuliskan diatas sudah saya praktekan sendiri dan saya pun mampu mendapatkan peningkatan traffic hampir 200% dari kelima tips diatas.Sekarang giliran anda mencoba!!!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

News Feed