by

5 Pelajaran Bisnis dari Jeff Bezos, CEO Amazon.com

-Lifestyle-146 views
Pria berkepala plontos itu sekarang telah menjadi salah satu pria terkaya di dunia. Berdasarkan majalah Forbes,Jeff Bezosmemiliki kekayaan sekitar $18,4 miliar yang menempatkannya di peringkat 26 tepat dibawah duo pemilik kerajaan bisnis internet lainnya Google,Segey Brin dan Larry Page.

Memulai usaha dari nol, pria yang dulunya hanya pegawai biasa di suatu perusahaan ini menjadi pemilik toko online terbesar dunia, Amazon.com.

Gaya hidup dan kisah suksesnya merupakan hal menarik untuk kita pelajari.Dan inilah 5 hal yang dapat menjadi pelajaran bisnis bagi kita semua.
1. Action
Pepatah mengatakan: “Hanya dengan keinginan yang kuat kita dapat membelokkan kekuatan alam semesta seperti kehendak kita.”
tapi banyak orang salah memahami tentang kata “aksi” seolah-olah kita harus benar-benar tahu dulu untuk melakukan sesuatu.Hal ini membuat kita malah takut karena terlalu banyak melakukan analisis.
Menurut Jeff Bezos: 

Jika kamu merasa bahwa kamu harus melakukan hal-hal yang kamu ketahui untuk bekerja.Kamu akan kehilangan banyak kesempatan.

Tahun 1994,Jeff bezos harus membuat keputusan besar.Apakah ia harus bekerja sebagai pegawai biasa atau mengejar mimpinya membuat toko buku onlinenya sendiri.Dan ia memutuskan keluar dan membuat toko buku onlinenya padahal saat itu internet masih merupakan barang langka dan belum banyak orang yang menggunakannya.Tapi Jeff bezos mengikuti intuisinya dan akhirnya itu menjadikannya salah satu pria terkaya di dunia.
2. Kurangi Penyesalan
Memang lebih baik kita melupakan kegagalan namun karena sangat sulit melupakan kegagalan.Lebih baik kita mengurangi rasa penyesalan akibat kegagalan.
Kata Jeff Bzos

Saat aku keluar dari pekerjaan.Aku menemukan rumus kerja yang sangat ampuh.Kalian bisa menyebutnya “Kerangka Kerja Minim Penyesalan”.Aku berkata pada diriku,”Aku akan bekerja hingga usia 80 tahun tak peduli yang terjadi dan aku tidak akan menyesal.”

Jadi mulai sekarang Mari hidup tanpa penyesalan.

3. Tumbuh Perlahan
Semua orang tentu ingin sukses dengan cepat.Namun kadang orang lupa kaau kesusksesan yang luar biasa tidak hanya terjadi dalam satu malam.Ada hal yang mesti dekerjakan,banyak doa yang harus diucapkan siang dan malam.
Tahukah anda kalau Amazon butuh waktu sekitar 8 tahun untuk mendapatkan laba yang cukup besar.Jeff Bezos tidak ingin mendapatkan untung besar dalam waktu singkat kemudian kehilangan semua pelanggannya.Ia bertumbuh perlahan dengan menjaga agar harga barang tetap murah sambil memutar kembali uangnya untuk kemajuan perusahaan.
4. Kekuatan Kata-kata
Saat Bezos membangun Amazon.com, ia tidak mempunyai cukup uang untuk melakakuan pemasaran.Jadi yang ia lakukan adalah memperbaiki pelayanan sehingga pemasaran yang terjadi adalah dari mulut-ke-mulut oleh pelanggan setianya.
Dengar kata Jeff Bezos:

“Jika kamu membangun pengalaman yang mengesankan,pelanggan akan saling memberitahu satu sama lain.Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk marketting.Itulah kekuatan kata-kata.”

Oleh sebab itu tak diragukan lagi,pelayanan dan kenyamanan pelanggan adalah hal yang sangat penting.Mulai sekarang mari kita tingkatkan kualitas pelayanan kita terhadap pelanggan.

5. Tak ada yang lebih penting dari pelanggan
Kita semua sudah mafhum kalau “pembeli adalah Raja”.Namun Bezos dan Amazon-nya melakukan yang lebih ekstrim.Ia menekankan anak buahnya “TIDAK ADA YANG LEBIH PENTING DARI PELANGGAN” .Kepuasan pelanggan bukanlah segalanya,Itulah satu-satunya hal penting di dunia ini bagi Bezos dan Amazon.Sangat simpel tapi juga sangat kuat maknanya.
Bezos beropini:

“Hal terpenting adalah fokus secara obsesif kepada pelanggan.Tujuan kami adalah menjadi perusahaan paling mengerti pelanggan di Bumi ini.”

Semoga tulisan diatas bermanfaat.Kalau ada salah kata saya minta maaf.Jangan lupa beri tahu saya pendapat anda tentang pelajaran bisnis yang dapat kita petik dari Jeff Bezos di kotak komentar dibawah ini.
Terima Kasih,
Gelora Sriwijaya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed