by

7 Fakta Unik Dibalik Kesuksesan iPhone

-Lifestyle-111 views
Tidak terasa sudah 5 tahun smartphone yang mengubah industri ponsel dunia, iPhone, menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia teknologi. 

Semua hal tentangnya selalu layak untuk dibahas. Rumor kemunculan produk terbarunya, fitur-fitur unggulan, perbandingan dengan smartphone lain, hingga kasus paten yang dianggap melanggar paten Apple selalu menyelimuti smartphone terlaris sepanjang sejarah tersebut.
iPhone adalah satu dari sekian banyak ide brilian mendiang Steve Jobs untuk mempermudah kehidupan manusia.”Enrich Life” itulah yang menjadi moto hidup Jobs sepanjang usianya.
Nah, dibalik semua itu ada 7 fakta unik dibalik iPhone yang akan mengguncangkan kita semua.
1. Nama iPhone bukan dari Apple
Seperti iPod, nama iPhone begitu lekat dengan Apple. Namun tahukah anda jika nama iPhone bukanlah milik Apple pada awalnya.
Cisco, itulah pemegang paten untuk nama iPhone. Saat Apple  menggunakan nama iPhone,Cisco langsung menggugat Apple karena melanggar paten mereka. Bos Apple kala itu Steve Jobs langsung turun tangan untuk membereskan masalah tersebut. Sehingga Apple bisa menggunakan nama iPhone.
2. Ingin punya jaringan sendiri
Awalnya Steve Jobs ingin iPhone memiliki jaringan seluler sendiri sehingga tidak membutuhkan operator lain untuk pemasarannya.Namun karena beberapa sebab, Apple tidak jadi membuat hal tersebut sehingga Apple pun menggadeng operator AT&T.
3. Berduet dengan Motorola
Terkesan dengan kesuksesan Motorola saat sukses dengan produknya Razr di tahun 2005, membuat Steve Jobs berkeinginan menggandeng Motorola dalam pembuatan iPhone. Setelah beberapa waktu Jobs mengetahui bahwa Motorola tidak cukup bagus sehingga ia memutuskan untuk membuat ponsel sendiri.
4. Sempat akan dinamai Ipad
Sebelum memutuskan memberi nama iPhone pada ponsel kebanggaannya, Apple pun sempat mempertimbangkan berbagai macam nama. Salah satunya iPad. 

Namun akhirnya, nama iPhone yang dipilih. Sedangkan iPad, seperti diketahui, menjadi nama komputer tablet Apple yang diluncurkan beberapa tahun sesudah kehadiran iPhone.

5. Hampir mempunyai keyboard fisik
iPhone dikenal sebagai smartphone full tocuh screen. Namun tahukah anda kalau iPhone sempat akan memiliki keyboard fisik. Hal itu terjadi karena kala itu keyboard fisik amat digandrungi. Namun akhirnya APple memutuskan untuk membuat iPhone murni layar sentuh.
6. Sejuta iPhone terjual dalam 74 hari
iPhone generasi pertama tidak langsung sukses. Butuh waktu sampai 74 hari bagi Apple untuk meraih penjualan sejuta unit iPhone. Namun perlahan lahan, iPhone mulai diminati.

Generasi iPhone selanjutnya semakin laris. Pada kuartal kedua 2012 saja, Apple tercatat menjual 35 juta unit iPhone.

7. Jobs tidak menyukai App Store
Toko aplikasi App Store menuai sukses besar. Siapa sangka pada awalnya ide App Store sempat urung diluncurkan karena Steve Jobs tidak menyukainya.

Jobs awalnya tidak senang ada pihak luar yang akan menciptakan aplikasi untuk iPhone karena aplikasi tersebut bisa jadi tidak bagus dan mengandung virus. Namun akhirnya Jobs merestui App Store setelah berbagai diskusi dengan petinggi Apple.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed