Makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal adalah pempek Palembang. Semua masyarakat Palembang menyukai pempek. Tidak hanya masyarakat Palembang saja yang menyukai pempek Palembang tapi juga wisatawan lokal dan asing. Pempek membuat orang-orang ingin mencobanya lagi dan lagi. Adonan yang kenyal dan gurih serta cuko yang kental dan nikmat menimbulkan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Makanan khas Palembang ini sangat laris manis. Pempek yang paling disukai orang biasanya jenis pempek kapal selam. Ada yang tahu mengapa? Ya betul, selain ukurannya yang besar juga terdapat isian telur di dalamnya. Makan satu porsi pempek kapal selam saja sudah dapat mengenyangkan. Bagaimana bila kita menyantap 2 porsi ya?

Pempek ada berbagai macam jenis seperti pempek kapal selam, pempek adaan , pempek keriting dan lainnya. Pempek biasanya paling enak disajikan dalam keadaan panas habis digoreng langsung dituang cuko kental dan sambal. Bagi yang menyukai makanan has Palembang ini dapat kok untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain menambah kemahiran memasak juga dapat mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang positif.

Bahan yang diperlukan dalam membuat pempek terdiri dari tiga bahan utama. Bahan untuk membuat adonan pempek yaitu : ikan tenggiri segar 500 gram, tepung sagu 500 gram, telur sebanyak 2 butir, garam dapur sebanyak satu setengah sendok teh, air bersih 250 gram sebaiknya menggunakan air es, dapat juga menggunakan penyedap rasa atau vetsin namun bebas mau atau tidak.

Bahan untuk membuat cuko yaitu gula merah sebanyak 500 gram, asam jawa 50 gram yang telah diperas menggunakan air, cuka putih 5 sendok teh dan air bersih 5 gelas. Bahan untuk membuat bumbu cuko yaitu bawang putih 5 siung, ebi dua sendok makan, cabe rawit 10 buah atau dapat disesuaikan, tongcai satu sendok makan dan garam satu sendok makan atau dapat disesuaikan.

Lalu cara membuatnya bagaimana? Langkah pertama yaitu dengan membuat adonan pempek sebelum membuat cuko. Siapkan bahan pembuat adonan pempek. Terlebih dahulu haluskan daging tenggiri, tambahkan telur, garam dan penyedap rasa jika mau. Aduk-aduk adonan hingga rata. Air dituang sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur semua. Aduk lagi hingga merata. Tepung sagu dimasukkan ke dalam adonan itu sambil diuleni hingga rata dan kalis. Setelah kalis maka adonan pempek dapat dibentuk sesuai dengan jenis pempek yang diinginkan. Adonan yang sudah terbentuk kemudian direbus menggunaakan air. Jika adonan sudah mengapung maka adonan tersebut sudah matang dan bisa ditiriskan. Goreng pempek yang sudah direbus itu sampai agak kekuningan dan siap disajikan bersama cuko.

Cara membuat cuko yaitu dengan mendidihkaan air bersama gula merah, asam jawa, air dan cuka menggunakan api kecil. Setelah gula merah larut maka angkat dan saring cuko tersebut. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan lalu masukkan cabe kemudian ditambahkan  garam dan sambil dicicipi untuk menyesuaikan rasanya biar tidak terlalu asin. Didihkan kembali dan ketika rasanya sudah pas maka dapat diangkat dan kemudian di saring kembali.

Mudah bukan cara membuat pempek? Ada tips nih jika ingin cukonya terasa lebih nikmat, cabe dan bawang putih diuleg satu hari sebelum di masak. Gula merah yang digunakan sebaiknya gula batok untuk menghindari bau sangit pada gula merah lainnya. Sebelum mencampurkan ebi saat membuat cuko lebih baik dihaluskan terlebih dahulu. Jika ingin bau cuka lebih terasa harum maka inapkan terlebih dahulu cuko selama sehari baru keesokannya disantap bersama pempek.

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here