pempek palembang

Nikmatnya Makanan Khas Palembang

Kota Palembang tidak hanya dikenal dengan wisata budaya dan wisata religi saja. Kota Palembang juga sangat kental dengan makanan khasnya. Kota Palembang ini dibanjiri dengan macam-macam makanan khas. Bagi penikmatan wisata kuliner, kota Palembang menjadi tempat destinasi yang disukai. Mari kita lihat macam makanan khas Palembang.

  1. Pempek

Pempek berada posisi di atas berbagai macam makanan khas di Palembang. Tidak heran kalau tidak ada seorang pun yang tidak kenal makanan khas ini. Pempek ini terbuat dari ikan, tepung dan sagu. Biasanya pempek ini disajikan dengan cuko kental yang nikmat. Masyarakat di Palembang telah membuat berbagai macam variasi pempek di sini. Misalnya ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan dan lainnya.

  1. Tekwan

Hampir sama bahan yang digunakan untuk membuat pempek dan tekwan. Perbedaannya bentuknya yang bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan. Tekwan disajikan dengan kaldu udang yang nikmat. Selain itu ditaburkan seldri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, maupun jamur kuping. Tekwan harus disajikan dalam keadaan hangat dan pedas. Tekwan sangat nikmat dan membuat pencicipnya biasa ketagihan.

  1. Laksan

Laksan juga dibuat dari tepung sagu dan ikan. Tapi perbedaanya yaitu laksan seperti pempek lenjer yang tebal dan dipotong melintang. Laksan disajikan dengan kuah santan.

  1. Celimpungan

Celimpungan mirip dengan laksan. Adonanya seperti tekwan namun lebih besar dan disiram dengan kuah santan. Sebagai bahan pelengkap yaitu bawang putih, kunyit, bawang merah, garam, lada dan daun salam. Kuah santannya terasa sangat nikmat untuk dicicipi.

  1. Martabak HAR

Martabak ini merupakan makanan khas Palembang yang asal mulanya berasal dari India. Bahan dasarnya yaitu telur ayam, telur bebek, tepung terigu sdan disajikan bersama kari ayam dengan kentang. Walaupun asal mulanya dari India martabak HAR ini memiliki keistimewan yaitu kulitnya lebih renyah.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here