1. Kue Maksuba

Makanan khas Palembang yang satu ini dibuat dengan bahan dasar telur bebek dan susu kental manis. Telur yang dibutuhkaan untuk satu adonan dapat mencapai sekitar 28 butir. Dalam mengolahnya mirip dengan pembuatan kue lapis. Kue maksuba terasa legit, enak dan manis. Kue ini pada dahulu kala merupakan makanan khas istana Kesultanan di Palembang. Kue ini dahulu sering disajikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan istana. Namun, sekarang lebih banyak dijumpai pada saat hari raya.

  1. Es Kacang Merah

Banyak pedangang yang menjajakan es kacang merah di kedai mereka. Es kacang merah yang dapat disajikan dengan tekstur yang lembut, sedang ataupun sedikit keras. Biasanya es kacang merah disajikan dengan santan dan gula jawa.

  1. Tempoyak

Daging durian yang ditumis dengan isian cabai dan bawang biasa disebut dengan tempoyak. Tempoyak teksturnya seperti saus dan disantap sebagai pelengkap makanan. Tempoyak rasanya gurih dan unik. Masyarakat Palembang suka untuk menimati pidang ikan patin dengan tempoyak karena akan memberikan kombinasi cita rasa yang sangat nikmat.

  1. Kue Srikayo

Kue yang berwarna hijau ini memilik bentuk hampir mirip dengan pudding. Kue ini dibuat dengan bahan dasar telur dan daun pandan. Biasanya dimakan dengan ditemani ketan putih dan dinikmati dalam keadaan dingin. Kue ini rasanya manis dan legit.

  1. Lenggang

Lenggang adalah olahan dari ikan yang dicampur dengan telur yang dikocok. Olahan ini diletakan di atas daun pisang. Lenggang dimasak dengan cara dipanggang. Aroma dari daun pisang yang dipanggang dengan arang hitam membuat lenggang mempunyai aroma yang khas.

Selain makanan khas Palembang yang diuraikan di atas, masih banyak lagi yang belum disebut loh teman-teman. Makanan khas di Palembang sangat banyak. Jadi bagi yang menyukai kuliner belum lengkap jika belum mencoba makanan khas Palembang yang nikmat ini.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here