Lempok Durian Oleh oleh Khas Palembang

Lempok Durian Oleh-Oleh Khas Kota Palembang

Bagi yang suka jalan-jalan mari ramai-ramai berkunjung ke kota Palembang. Jika berkunjung ke kota Palembang aakan mendapatkan kenangan yang menyenangkan. Pengunjung dari luar kota Palembang disuguhi objek wisata yang indah dan juga wisata kuliner yang sudah pasti nikmat tiada duanya. Jika kota Garut terkenal dengan dodolnya. Kota Palembang terkenal dengan jajanan khasnya yaitu Lempok Durian khas Palembang. Lempok Durian khas Palembang sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung di kota wisata ini. Lempok Durian khas Palembang memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit. Banyak masyarakat di kota Palembang maupun luar kota Palembang yang menyukainya.

Lempok durian khas Palembang dibuat murni dari daging buah durian dengan tambahan sedikit gula sebagai pengawet alami. Kemurnian daging buah durian yang merupakan kunci dari nikmatnya Lempok Durian. Proses pembuatan Lempok Durian hampir mirip dengan pembuatan dodol. Cara pembuatan Lempok Durian tanpa menambahkan beras ketan seperti pembuatan dodol.

Awal mulanya pembuatan Lempok Durian karena mengatasi buah durian yang sangat berlimpah saat musim durian tiba. Pada saat musim durian, banyak durian yang terbuang sia-sia. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi masyarakat Palembang. Namun warga mulai berkreasi untuk memanfaatkannya dengan diolah supaya dapat awet disimpan dalam waktu yang cukup lama. Walaupun sudah tidak musim durian tetapi masyarakat tetap dapat mengkonsumsi lempok durian.

Siapa yang tidak tahu akan kenikmatan buah durian. Buahnya lezat dan aromanya harum. Buah durian dikenal sebagai rajanya buah. Durian yang bagus biasanya berwarna kuning, dagingnya tebal dan aromanya harum. Buah durian memiliki nutrisi yang banyak diantaranya kaya akan kandungan karbohidrat, protein, vitamin B1, B2, vitamin C, kalium, kalsium dan fosfor yang tinggi. Namun bagi penderita darah tinggi dan mempunyai riwayat penyakit jantung sebaiknya menghindari mengkonsumsi durian karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi.

Biasanya Lempok Durian khas Palembang dapat bertahan lama selama lima bulan bila disimpan di dalam kulkas. Namun apabila lempok tidak disimpan di dalam kulkas maka dapat tahan sampai dengan satu bulan. Untuk mendapatkan lempok durian khas Palembang tidak susah untuk dicari. Banyak toko oleh-oleh khas Palembang yang menawarkan lempok durian. Selain itu jika yang tak mau repot ke kota Palembang dapat memesan Lempok Durian Khas Palembang via online.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam mebuat Lempok Durian yaitu durian yang matang (lebih baik bila matang di pohon karena akan memberikan aroma yang sangat harum), gula putih dan garam. Alat yang dibutuhkan pisau besar, kompor, adukan dodol, plastik dan panci besar. Bahan dan alat untuk membuat Lempok Durian Khas Palembang tidak terlalu susah dicari.

Cara membuatnya pertama-tama durian matang dibelah dan diambil isinya. Daging buah dipisahkan dari bijinya. Campurkan daging buah dengan gula pasir dan garam. Setelah itu semua bahan dicampur ke dalam panci atau kuali letakkan di atas kompor. Aduk terus menerus adonan Lempok Durian dengan api sedang. Jika adonan sudah lengket dan kental maka lempok Palembang siap diangkat. Jika lempok Durian sudah dingin dan mulai mengeras lalu siap di kemas.

Penikmat buah durian belum lengkap jika belum mencoba Lempok Durian. Aromanya yang harum, rasanya yang legit dan manis. Lempok Durian membuat banyak orang ketagihan untuk mencicipinya kembali. Lempok Durian diharapkan dapat menjadikan kota Palembang semakin kaya akan makanan khas. Harapan seluruh masyarakat Palembang agar kota Palembang semakin dikenal digambarkan seperti keharuman Lempok Durian.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here