benteng kuto besak tempat wisata di palembang

Palembang mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Palembang yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan selain terkenal dengan kulinernya, ternyata terdapat tempat wisata yang memukau. Tempat wisata Palembang yang menarik untuk dikunjungi adalah sebagai berikut :

Pertama yaitu Jembatan Ampera. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962. Tujuan dibangunnya adalah untuk menghubungkan daerah Ulu dan Ilir yang bersebrangan dan terpisah oleh Sungai Musi. Jembatan ini dapat bergerak ke atas apabila ada kapal besar yang akan menlintas di bawahnya. Namun pada tahun 1970 fungsi ini sudah tidak dipakai lagi karena mengganggu perjalanan. Ketika malam hari, jembatan ini sangat indah dengan adanya kilau lampu. Bagi wisatawan yang berkunjung biasanya suka mengabadikan keindahannya dengan kamera.

Kedua adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini adalah bangunan yang sangat dibanggaakan di kota Palembang. Benteng ini merupakan saksi bisu dari kisah perjuangan melawan penjajah di Palembang. Benteng ini terletak tidak jauh dari Sungai Musi. Pada sore hari tampaklah pesona yang sangat indah dari benteng ini. Benteng ini berdiri sangat kokoh. Benteng ini menjadi ikon dari kota Palembang.

Bagi yang suka berwisata religi di kota Palembang terdapat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Masjid ini merupakan masjid yang paling besar di kota Palembang. Desain bangunannya merupakan gabungan dari budaya Indonesia, Eropa dan China. Di sekitar masjid ini terdapat pasar yang menawarkan berbagai macam kerajinan, souvenir, makanan dan juga kain tenun atau biasa disebut songket Palembang yang terkenal.

Tempat wisata keempat di Palembang yang menarik dikunjungi adalah Candi Bumi Ayu. Candi ini adalah candi peninggalan aliran Siwa yang menganut agama Hindu. Komplek Candi Bumi Ayu menurut arkeolog adalah candi tiruan dari Candi Prambanan yang ada di Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi terbesar di luar Jawa. Candi ini dapat kita temui di Desa Bumiayu, Muara Enim.

Selanjutnya kita dapat mengunjungi Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Di dalam monumen ini terdapat museum. Di dalam museum ini dapat dilihat mengenai kisah asal usul Palembang. Untuk mengunjungi Monpera tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena biaya masuknya cukup murah. Selain asal usul kota Palembang di dalam museum ini kita dapat melihat koleksi uang dari zaman pemerintahan Ir Soekarno sampai pemerintahan sekarang.

Kemudian di Palembang terdapat Masjid Cheng Ho. Masjid ini memiliki keunikan karena dikelilingi nuansa ornament budaya China. Masjid ini sekarang tak hanya sebagai tempat ibadah saja melainkan tempat wisata di Palembang yang paling pupuler. Masjid ini tak hanya mendapat kunjungan dari masyarakat Palembang tetapi juga mendapat kunjungan dari negara lain. Masyarakat dari negara Malaysia, Taiwan dan Singapura pun seirng untuk mengunjungi masjid ini. Keberadaan Laksamana Cheng Ho tak bisa dipisahkan dari kota Palembang. Cheng Ho sudah tiga kali datang ke Palembang. Cheng Ho adalah seorang kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan dari Kaisar China terdahulu. Laksamana Cheng Ho berperan juga dalam menyebarkan Agama Islam di Palembang. Masjid ini membuktikan bahwa di Indonesia terbuka akan tradisi dan budaya China.

Tempat wisata di Palembang sangat beragam bukan? Dari sekian banyak tempat wisata di Palembang apakah kalian sudah mengunjunginya? Jika belum tentu saja sangat rugi karena di Palembang keberagaman sangat dijunjung tinggi. Bagi yang belum berkunjung ke Palembang cobalah jadwalkan liburan kalian ke kota ini. Sambil berlibur kalian dapat mempelajari kekayaan wisata di Palembang.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here