universitas sriwijaya palembang indralaya

Provinsi Sumatera Selatan memiliki ibu kota di kota Palembang. Di kota ini terkenal dengan objek wisata alam maupun kulinernya. Namun selain itu kota ini juga peduli akan pendidikan masyarkatnya. Kota ini tidak serta merta hanya mempedulikan sumber daya alam tetapi juga kualitas sumbaer daya manusianya. Di kota ini sudah terdapat sekolah playgroup maupun sampai Perguruan Tinggi.

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian dalam berbagai bidang dan memberikan gelar akademik bagi para lulusannya. Universitas berasal dari bahasa latin “Universitas magistrotum et scholarium” yang artinya komunitas antara guru dan akademisi. Universitas pertama kali didirikan oleh Plato pada tahun 387 SM. Para mahasiswanya diajarkan mengenai ilmu matematika, filsafat dan olah raga. Di mulai dari situ berkembanglah universitas lain di berbagai penjuru di dunia. Selain universitas terdapat istilah lain yaitu Institut, Politenik dan Sekolah Tinggi. Di Indonesia, Universitas terbagi menjadi dua Universitas Negri dan Universitas Swasta.

Universitas negri di kota Palembang adalah Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya berlokasi di Kota Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Universitas ini mempunyai moto “ Ilmu Alat Pengabdian “. Universitas Sriwijaya didirikan pada tanggal 29 Oktober 1960. Universitas Sriwijaya biasa disebut Unsri. Ide pembentukan Unsri yaitu pada saat perayaan hari kemerdekaan diprakarsai oleh beberapa orang pemuka masyarakat Palembang.

Unsri memiliki lambang bunga melati, bunga seruni dan warna kuning. Bunga melati melambangkan kmurnian, keluhuran, kewibawan, kesetiaan dan kemurnian. Bunga seruni adalah lambang paling tua yang ditemukan dalam sejarah Sriwijaya. Warna kuning keemasan melambangkan keagungan Kerajaan Sriwijaya tempo dulu. Di Sumatera, Universitas Sriwijaya menempati posisi peringkat pertama yang diikuti oleh Unila, USU dan Unri. Unsri masuk pada daftar peringkat 50 universitas terbaik di Indonesia. Unsri menempati peringkat kesembilan di bawah Universitas Gunadarma dan di atas Universitas Airlangga di tingkat nasional.

Universitas ini memiliki sepuluh fakultas diantaranya Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Matematika dan Ilmu Penegetahuan Alam, Ilmu Komputer dan Kesehatan Masyarakat. Selain program untuk S1 dan D3, Universitas Sriwijaya juga terdapat program S2, Program Double Degree S2, Program S3, Program Studi Pendidikan Profesi dan Program Pendidikan Dokter Spesialis. Universitas ini memiliki lima keunggulan untuk student center. Fasilitasnya antara lain kantin yang higienis, hall yang berkapasitas 1000 orang, penginap yang sekelas dengan hotel berbintang, perpustakaan digital dengan jutaan buku di dalamnya, dan pusat perlatihan ICT.

Usri telah meraih banyak prestasi. Unsri masuk dalam jajaran 50 universitas terbaik nasional menurut dikti dan merupakan kampus yang paling luas seasia. Rektor Unsri masuk dalam kategori 100 pengajar top dalam majalah kampus asia, Unsri juga masuk rangking universitas dunia, Unsri menjadi koordinator riset energi nasional dan peringkat kedua dalam ISMC pada tahun 2009 dan 2010. Para lulusan yang menjadi alumni terkemuka di Unsri antara lain : Ahmad S. Natabaya (Hakim Konstitusi), Alimarwan Hanan (Mentri Koperasai dan UKM), Eddy Santana Putra (Walikota Palembang), Marzuki Alie (Ketua DPR RI), Fahmi Idris (Dirut PT BPJS Kesehatan), dan lainnnya.

Universitas Sriwijaya merupakan perguruan tinggi terbaik yang ada di Palembang. Unsri banyak menghasilkan lulusan yang ternama, meraih banyak prestasi dan didukung dengan pengajar yang berkualitas dan fasilitas yang memadai. Maka dari itu tak heran apabila lulusan Sekolah Menengah Atas di Palembang mau melanjutkan pendidikan ke universitas ini.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here