pempek palembang murah

Oleh oleh Khas Palembang

Jalan-jalan ke kota Palembang sungguh menyenangkan. Para wisatawan dimanjakan dengan objek wisata yang indah dan juga wisata kuliner yang sudah pasti nikmat tiada duanya. Bagi yang ingin pulang ke tempat asal jangan lupa membawa oleh-oleh khas Palembang. Cinderamata ini akan mengingatkan kembali tentang pesona liburan di Palembang dan juga bagi kerabat yang tidak bisa ikut dapat ikut merasakan liburan yang kita lalaui dengan mendapatkan oleh-oleh khas Palembang.

Oleh-oleh khas Palembang sangat beragam. Apa saja oleh-oleh khas Palamebang? Yuk kita simak oleh-oleh khas Palembang di bawah ini :

  1. Pempek

Biasanya para wisatawan akan membawa pempek ke tempat asal mereka. Jika tidak membawa pempek rasanya memang belum lengkap. Pempek di kota Palembang banyak sekali jennisnya dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit, pempek keriting, pempek lennggang, pempek panggang dan lain-lain.

Makanan khas lainnya yang dapat dibawa menjadi oleh-oleh yaitu tekwan dan celimpungan. Bahan dasar tekwan dan celimpungan dalam pembuatan pempek hampir sama perbedaanya ialah disajikan dengan kuah yang berbeda. Pempek dengan cuko kental, tekwan dengan kuah bening dan celimpungan dengan kuah santan. Saudara atau kerabat akan sangat senang jika kita membawa oleh-oleh khas Palembang yang satu ini.

  1. Kain Khas Palembang

Palembang memiliki kain khas yang bermacam-macam. Kain khas itu antara lain kain songket, kain jumputan dan kain batik. Kain khas Palembang ini memiliki warna dan motif yang cantik. Dengan memiliki kain khas Palembang merupakan kebanggan tersendiri terlebih jika membeli kain songket. Kain jenis ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan merupakan kebanggan dari kota Palembang.

  1. Kue-kue Khas Palembang

Bagi yang ingin membawa cemilan namun sudah sering membawa pempek dapat membawa kue khas kota Palembang. Kue khas Palembang dikemas di dalam kotak mungil dengan desain yang cantik. Kue-kue yang ditawarkan antara lain manan sahmin, engkak ketan, engkak medok, engkak kecut, maksuba, bolu kojo, bluder dan kue lapan jam. Kue khas Palembang ini akan menjadi pelengkap saat berkumpul bersama kerabat.

  1. Kaos Khas Palembang

Kota Palembang memiliki kaus khas tersendiri. Kalau di daerah lain mempunyai kaus yang khas di kota Palembang juga ada. Kaus khas yang ada di kota Palembang yaitu kaus nyenyes, kaus musi mania, kaus dokben dan kaus wong kito. Kaus ini bisa diberikan kepada keluarga dan kerabat. Kaus kaus ini menggambarkan ikon dari kota Palembang yang unik.

  1. Martabak HAR

Martabak telur yang legendaris di kota Palembang ini asal mulanya berasal dari India. Bahan dasarnya yaitu telur ayam, telur bebek, tepung terigu dan disajikan bersama kari ayam dan kentang. Walaupun asal mulanya dari India martabak HAR Palembang ini memiliki keistimewan yaitu kulitnya lebih renyah dibanding yang di India. Martabak ini rasanya sangat lezat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Palembang.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here