Resep Pempek dan Cuko Asli Palembang

Negri Indonesia sangat kaya akan jajanan kuliner. Misalnya di kota Palembang. Kota ini memiliki jajanan kuliner pempek yang merupakan jajanan nomor satu di daerah ini. Tidak ada satu orang pun yang tidak mengenal jajanan ini. Jajanan ini disukai dari anak-anak maupun dewasa. Jajanan ini awal mulanya berasal dari olahan ikan yang diolah oleh perantau dari negri Cina yang tinggal di Palembang pada masa lampau. Jajanan ini masih berjaya sampai sekarang dan semakin dikenal masyarakat luas tidak hanya di kota Palembang.

Ada banyak jenis pempek loh di kota Palembang. Pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek kulit, pempek keriting dan jenis lainnya. Namun pempek kapal selam adalah yang paling top dari semuanya. Awalnya pempek Palembang dibuat dari ikan belida namun jenis ikan ini menjadi langka sehingga digunakanlah ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki struktur daging yang padat dan lembut sehingga mudah diolah juga rasanya yang gurih.

Kali ini kami akan membagikaan resep pempek dan cuko asli Palembang. Untuk membuat adonan pempek diperlukan bahan sebagai berikut :

  • Setengah kilogram daging ikan tenggiri
  • Setengah kilogram tepung sagu tani
  • Telur ayam dua buah
  • Satu setengah sendok teh garam
  • Air dingin sebanyak 250 cc
  • Setengah sendok teh penyedap rasa atau vetsin

Cara membuat pempek asli Palembang adalah sebagai berikut : Pertama daging ikan tenggiri dihaluskan sampai lembut dan halus. Pastikan tidak ada tulang yang ikut diolah. Telur dua butir ditambahkan dalam adonan. Kemudian dapat ditambahkan vetsin ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata. Air dingin dituang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sampai merata. Tepung sagu juga ditambahkan dan diuleni sampai rata dan terlihat kalis. Sesudah adonan menjadi kalis, bentuk adonan seperti jenis yang diinginkan. Siapkan air mendidih lalu adonan yang sudah dibentuk masukkan ke dalamnya. Lalu tunggu adonan sampai mengapung itu bertanda adonan sudah matang. Adonan yang sudah matang kemudian digoreng sampai agak kekuningan jika ingin garing bisa digopreng lebih lama. Setelah itu pempek yang sudah jadi dapat diiri-iris sebelum dihidangkan dengan cuko.

Cuko pempek dapat menggunakan 2 variasi resep. Untuk resep yang sederhana digunakan bahan ; bawang putih, cabe rawit, air, garam, perasan air jawa, gula aren, penyedap atau vetsin. Semua bahan dimasak lalu disaring. Untuk resep yang komplit menggunakan bahan :

  • Setengah kilogram gula aren
  • Setengah ons asam jawa, peras dengan air sedikit
  • Empat sendok teh cuka putih (sesuai selera)
  • Lima gelas air
  • Lima siung bawang putih yang telah dihaluskan
  • Dua sendok makan ebi yang telah dihaluskan
  • Sepuluh buah cabe rawit (sesuai selera) yang telah dihaluskan
  • Satu sendok makan garam (disesuaikan dengan rasa)
  • Satu sendok makan tongcai berikut tangkainya

Cara membuat cuko asli Palembang yaitu dengan mendidihkan terlebih dahulu gula merah, asam jawa, dan cuka dengan api yang kecil saja. Tunggu sampai gula larut kemudian diangkat dan disaring. Setelah itu bumbu yang sudah dihaluskan dimasukkan. Masukkan cabai  dan garam sambil cicipi biar tidak terlalu pedas atau asin. Sesuaikan dengan selera masing-masing. Didihkan kembali lalu diangkat. Ebi dapat langsung dicampur saat membuat cuko atau bisa dipisah dan baru ditaruh ke atas pempek yang ingin disajikan.

Selanjutnya irisan dari pempek disajikan bersama cuko. Rasanya nikmat dan gurih. Pempek ini juga cocok dimakan saat sedang berkumpul bersama teman dan sanak saudara sambil berbincang. Dengan makan bersama-sama akan timbul suasana keakraban. Sekian resep pempek dan cuko asli Palembang. Selamat mencoba ya!

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here