Kemplang Palembang Makanan Khas Tak Terlupakan

Tidak pernah habis-habisnya membicarakan makanan khas Palembang. Makanan khas Palembang sangat beragam. Mulai dari kemplang, pempek, es kacang merah, martabak HAR, celimpungan tekwan, dan lainnya. Kemplang Palembang adalah makanan khas Palembang yang tidak kalah terkenal dari pempek dan lainnya. Kemplang Palembang dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Kemplang Palembang dibuat dari campuran ikan, bumbu alami dan tepung tapioka. Kemplang Palembang biasanya disajikan bersama saus cuka atau biasa dikenal dengan sambel cuko. Kemplang Palembang juga bisa disajikan sebagai pelengkap saat keluarga sedang makan bersama atau dikonsumsi langsung.

Kempalang yang berasal dari kota Palembang kini sudah bisa dinikmati di seluruh nusantara, Walaupun kemplang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya tinggi karena dibuat dari daging ikan yang berkulaitas baik dan dijamin enak sampai membuat ketagihan. Makanan khas ini dibentuk seperti lempengan dan ketika membenuk adonannya dibentuk  dipukul-pukul sehingga menghasilkan suara “kemplang.. kemplang”. Nah ini lah awal makanan ini dinamai kemplang. Adapula yang mengatakan nama kemplang Palembang memiliki keunikan tersendiri yaitu berasal dari kata-kata “kerupuk milik kota Palembang”. Rangkaian kata ini apabila digabung akan menjadi kemplang.

Kemplang Palembang awalnya juga dibuat dari ikan belinda namun karena ikan ini langkah akhirnya diganti. Apabila bahan baku menjadi langkah maka akan menaikan harga produk. Hal ini akan menyebabkan kesulitan dalam memasarkan kemplang Palembang. Lalu dipilihlah ikan gabus atau ikan tenggiri sebagai pengganti ikan belinda. Di pinggir jalan kota Palembang, kita sangat mudah untuk memperoleh kemplang. Kemplang Palembang termasuk jajajan yang terjangkau ada yang menjualnya 5 ribuan sampai 20 ribuan. Buat kalian yang ingin mendapatkan kemplang Palembang dapat menuju ke arah belakang PTC Mall. Banyak sekali pedagang yang menjajajkan kempalang.

Kemplang kini tak hanya menjadi pelengkap bagi masyarakat Palembang. Wisatawan asing pun ketagihan mencicipi kemplang. Para pejabat di negri Jiran pun ketagihan mengkonsumsi kempalang Palembang. Kenikmatan kemplang sudah melanda di luar wilayah Palembang. Tak heran ada beberapa pengusaha kemplang Palembang mendapatkan omset yang fantastis dari memproduksi kemplang. Bahkan diantara mereka sampai kewalahan menerima order kemplang Palembang.

Proses pembuatan kemplang Palembang bisa dibilang mudah dan juga bisa dibilang gampang. Tetapi kalau kita cermati kurang lebih proses pembuatannya dengan menggiling ikan sampai halus, tambahkan tepung, dicampur dengan sedikit air dan ditambahkan bumbu-bumbu. Setelah itu campuran tadi diaduk hingga tercampur rata dan kalis. Adonan dicetak, dikukus, lalu dijemur hingga kering dan akhirnya dipanggang atau digoreng.

Ikan yang digunakan  harus seperti ikan gabus atau tenggiri. Ikan ini berdaging putih, jika menggunakan ikan jenis lain maka kemplang akan berwarna keabu-abuan atau cokelat. Agar kemplang yang disajikan enak dan gurih maka biasanya pembuatannya menggunakan tepung tapioka dengna kualitas baik. Tepungnya dipilih yang warnanya putih mengkilat. Jika memakai tepung yang berkualitas rendah maka kemplang akan menjadi bau.

Kemplang Palembang sekarang dapat diperoleh dengan membeli langsung atau memesan via online. Kemplang Palembang dapat dijadikan oleh-oleh khas kota Palembang ataupun bagi yang ingin mencicipinya dapat memesannya. Masyarakat Palembang tak bosan-bosan menghadirkan kempalang sebagai pelengkap di meja makannya. Merea sambil makan nasi biasanya juga sambil menikmati kempalang. Kebiasaan sebagai pelengkap makan masyarakat Palembang ini pun menjadi menjamur di masyarakat luar kota Palembang. Kemplang Palembang makanan khas tak terlupakan dari kota palembang

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here