tekwan palembang

Tekwan Palembang Yang Gurih dan Nikmat

Siapa yang pernah mencicipi tekwan Palembang? Tekwan Paelmbang diolah hampir mirip dengan pempek namun tidak digoreng dan disajikan bersama kuah nikmat yang bening. Walaupun namanya tak sepopuler pempek Palembang namun tekwan Palembang memiliki rasa yang gurih dan nikmat untuk dicicipi. Jadi bagi yang belum pernah mencicipi rasanya bisa mencoba jenis makanan khas Palembang yang satu ini.

Bahan yang digunakan tekwan Palembang yaitu ikan tenggiri dan tepung seperti pempek Palembang. Tetapi dinikmati tanpa digoreng hanya direbus kemudian disajikan bersama kaldu udang. Tekwan Palembang harus dikonsumsi dalam keadaan hangat karena akan lebih memberikan rasa gurih dan nikmat. Asal nama tekwan Palembang menurut masyarakat Palembang yaitu “bekotek sama kawan”. Tekwan Palembang biasanya disantap sambil mengobrol dengan teman menurut istilah itu. Kalau diisyarakatkan dengan bahasa Inggris maka istilah tekwan hampir mirip dengan “ take one” yang berarti ambil satu. Tekwan paelmbang memang disantap satu per satu seperti bakso ikan. Tetapi asal usul nama tekwan Palembang itu sendiri masih bersifat rekaan masyarakat di sana. Jadi, asal usul nama tekwan Palembang bisa benar ataupun tidak.

Tekwan Palembang terlihat seperti bola-bola ikan. Bola-bola ini memiliki rasa yang gurih dan struktur yang kenyal. Biasanya tekwan Palembang disajikan dengan mie soun, jamur, bengkoang, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Tekwan dapat dinikmati langsung ataupun bisa bersama nasi hangat.

Kuah dari tekwan Palembang menjadi rahasia dari rasanya yang nikmat dan gurih. Kuah tekwan Palembang berasal dari udang yang dibuat seperti kaldu. Udang adalah golongan hewan laut yang apabila diolah akan memberikan rasa gurih karena kandungan di dalamnya. .Udang memiliki kaandungan penyedap alami. Selain itu dengan ditambah dengan bumbu-bumbu dan pelengkap lain yang melengkapi kegurihan dan kenikmatan tekwan Palembang. Walaupun tanpa bahan penyedap seperti MSG, udang sudah memberikan cita rasa yang gurih dan nikmat pada tekwan Palembang.

Tekwan Palembang apabila dikonsumsi sehari-hari dapat memberikan sejumlah manfaat. Tekwan yang menggunakan bahan baku utama ikan tenggiri terbukti memiliki kandungan yang baik diantaranya omega 3, zat besi, yodium, seng, seledium, dan protein yang tinggi.  Kandungan gizi yang tinggi itu mampu membantu mencegah timbulnya kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan penyakit darah tinggi, mencegah anemia, mencegah penyakit gondok, menutrisi sel-sel otak dan juga dapat berperan seperti antioksidan. Antioksidan ini merupakan kandungan yang berperan dalam menghindari tubuh dari radikal bebas.

Kuah tekwan Palembang pun mempunyai berbagai manfaat. Udang memiliki kandungan vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lain yang berguna untuk tubuh kita. Udang dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung, anti depresi, diabetes, sebagai sumber omega 3, memiliki zat anti inflamasi, kaya akan protein, meningkatkan nafsu makan dan lainnnya. Jadi jenis kuliner ini mengandung nilai gizi yang tinggi bukan sekedar jajanan biasa. Maka dari itu tidak perlu ragu untuk mencicipinya.

Di Palembang mudah untuk mencari kuliner yang satu ini. Banyak rumah makan yang menyajikan menu tekwan Palembang. Harganya pun tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Selain pempek, tekwan Palembang juga menjadi menu andalan wisata kuliner di kota ini. Biasanya bagi yang sudah mencicipi untuk pertama kali akan merasa ketagihan untuk mencicipinya lagi. Bagi yang belum mencicipinya silahkan mengunjungi rumah makan di kota ini. Dijamin kalian tidak akan rugi mencicipi tekwan Palembang bahkan bisa saja kalian ketagihan untuk datang dan datang lagi.

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here