by

Tips Ampuh Cepat Meningkatkan Alexa Rank

-Lifestyle-131 views
Selain Google Pagerank, Alexa Rank juga merupakan salah satu indikator kepopuleran suatu situs atau blog di dunia maya.Jika Google pagerank merupakan hal yang sulit dipahami sebab berkaitan dengan algoritma Google yang terus berkembang dan berubah. Alexa Rank lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh blogger, bahkan yang paling awam sekalipun.
Alexa traffic didasarkan pada pola  Penggunaan Alexa Toolbar. Dari situs resmi Alexa bahwa alexa rank diupdate setiap 3 bulan (sebenarnya kalau anda rajin mengecek Alexa Rank berubah per 3 hari sekali). 

Untuk lebih mengenali sistem kerja Alexa Rank berikut kami lampirkan pernyataan yang ada di situs resmi Alexa.

Alexa rank hanya memberikan pagerank pada halaman domain tingkat atas saja atau home (misalnya www.domain.com). Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain (mis. www.domain.com) atau subdomain (misal subdomain.domain.com). Contoh di blog ini Alexa Rank hanya mengenali situs GeloraSriwijaya.com dan tidak menghitung sub-domain lain seperti hotainment.gelorasriwijaya.com.
Kecuali jika kami dapat secara otomatis mengenali mereka sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman home web pribadi atau blog, maka halaman home tersebut akan dindex dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).”
Alexa memberikan peringkat / pagerank ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik/ Unique visitor. Semakin rendah Alexa Rank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Kita naik ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana cara melangsingkan ranking situs kita yang ada di Alexa Rank.
1. Pasang widget Alexa di blog ataupun situs anda. 
Memasang widget Alexa di blog ibarat kita sedang merayu Alexa.Siapa sih yang enggak seneng kalau dijadikan sesuatu yang spesial.Dalam hal ini kita menjadikan ALexa sebagai sesuatu yang spesial karena menaruh widget mereka di blog kita yang berharga.Tentu Alexa pun mempertimbangkan blog kita untuk naik peringkatnya.
2. Pasang Alexa toolbar di browser.
Hal ini sebenarnya merupakan salah satu langkah untuk memudahkan kita dalam mengecek peringkat situs kita hanya melalui toolbar.Ini juga salah satu cara merayu Alexa.
3. Posting tulisan mengenai Alexa
Alexa ini suka sekali dirayu. Cara merayu alexa dengan memposting tulisan mengenai mereka.
4. Tingkatkan traffic blog atau situs
Terutama IP unik.Jadi anda harus meningkatkan kunjungan ke situs anda.Sebab jika satu IP membuka situs anda dengan 20 page views poinnya cuma 1 dari Alexa.Sedang jika anda mendapat 2 page views dari 10 pengungjung.Maka Alexa memberi anda poin 10.Tentu saja page views juga salah satu indikator penting naik turunnya peringkat Alexa anda.

* Update:
5. Gunakan Alexa Search Toolbar
Awalnya sempat ragu juga apakah cara ini benar-benar ampuh untuk meningkatkan alexa rank.Namun setelah mengamati situs-situs ataupun blog yang menggunakan Alexa Search Toolbar,saya menjadi yakin cara ini juga termasuk bisa dicoba untuk anda yang ingin segera melangsingkan Alexa Rank.

Contoh hasil penggunaan Alexa Search Toolbar untuk GeloraSriwijaya.com:
Buat anda yang ingin mencoba Alexa Search Toolbar silahkan kunjungi situsnya disini.

“Semoga postingan tulisan diatas bermanfaat. Share pengalaman kamu dengan Alexa ataupun teknik-teknik keren lainnya dengan kotak komentar di bawah.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

News Feed