by

Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

-Lifestyle-88 views
Masalah yang kerap dihadapi ketika menjalani ibadah puasa adalah bau mulut. Bau mulut dapat terjadi oleh berbagai hal seperti merokok atau gangguan perut. Mengalami bau mulut bukan berarti tak dapat diatasi, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Hal tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini.

1. Menyikat gigi setelah makan
Agar bau mulut hilang, Anda harus rutin dalam menyikat gigi setelah makan. Setiap kali selesai makan di waktu buka puasa dan sahur jangan lupa juga untuk menyikat gigi. Agar efek pasta gigi tidak terasa lama di mulut, Anda harus makan sahur lebih awal.

2. Minum air yang cukup
Selain menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi), air mineral juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Cukup dengan minum air mineral sebanyak 8-10 gelas saat berbuka dan saat sahur, bau mulut bisa hilang. Air mineral berperan sebagai penetralisir bau mulut serta menambah pasokan air liur (saliva).

3. Hindari rokok
Merokok di bulan puasa, baik waktu berbuka atau sahur bisa menjadi penyebab bau mulut. Agar bau mulut berkurang, sebaiknya hindari rokok. Selain bisa hemat uang, Anda juga bisa lebih sehat.

4. Gunakan obat kumur
Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya bersihkan gigi menggunakan obat kumur antiseptik. Dengan obat kumur napas akan lebih segar dan semua bagian gigi yang kotor bisa terjangkau dengan mudah.

5. Minum teh hijau
Minum teh hijau tanpa gula saat berbuka puasa dan makan sahur akan membantu Anda mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

6. Bersihkan sela-sela gigi 
Agar bau mulut tidak datang saat menjalankan puasa, bersihkanlah sela-sela gigi sampai bersih. Caranya bisa gunakan benang gigi (dental floss), atau alat pembersih gigi yang lainnya. Minimal bersihkan gigi dari sisa-sisa makanan saat sahur. 7. Periksa ke dokter gigi Sebelum bulan Ramadhan tiba, ada baiknya Anda segera periksa ke dokter gigi. Minta untuk dibersihkan plak-plak pada gigi dan juga obati dengan segera gigi berlubang Anda agar tidak ada makanan yang masuk.
referensi: langitberita.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed